Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Trik Mempercepat Koneksi Internet Terbaru

Salam Blogger,
Postingan ini akan membahas tips-tips mempercepat koneksi internet dan juga tips agar koneksi internet stabil. Pada dasarnya yang menentukan kualitas koneksi itu banyak sekali, baik dari jaringan sinyalnya sampai pengaturan di komputer kita. Yang paling menentukan adalah tetap faktor jaringan sinyal sobat berada. Saya disini akan share tips mempercepat dan menstabilkan koneksi internet dari semua sisi. OK, langsung saja berikut tutorialnya.

  • Jika sobat punya sedikit dana, tidak ada salahnya gunakan antena eksternal, misal antena yagi. Jadi nanti antena yagi-nya tersambung ke konektor antena eksternal di modem. Macam-macam dan tempat jualan antena yagi sudah banyak dishare, cari ada di google.
  • Lalu masuk ke pengaturan di windowsnya, Buka Run >> ketik gpedit.msc >> pilih computer configuration >> sorot administrative templates >> pilih Network >> pilih QoS Packet Scheduler >> klik 2x pada item Limit Reservable Bandwidth >> muncul jendela setting, pilih enable, dibawahnya atur bandwidth limit 0% >> klik OK, dan keluar jendela gpedit.msc
  • Buka Control Panel Windows >> System >> Hardware >> Device Manager >> Port (COM & LPT) >> pilih dimana port modem kita, biasanya ada 2 item. lalu klik properties masing-masing, akan muncul jendela baru, pilih tab menu Port Setting, atur bit per second ke 128000, dan atur flow control ke hardware. klik OK.
  • Masih di menu Device Manager >> pilih modems >> biasanya ada 2 items, klik properties masing-masing item tersebut (secara bergantian), lalu pilh tab Modem, atur maximum port speed ke nilai yang paling besar. Lalu geser ke tab menu Advanced, isi kolom extra initialization commands dengan at+cgdcont=1,"ip","nama APN ISP" , untuk nama ISP diganti sesuai APN ISP yang dipakai misal indosatm2, telkomsel, atau yang lainnya.  lalu klik OK dan keluar jendela Device Manager.
  • Kembali Buka menu RUN >> ketik regedit >> expand ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameters >> buat string baru DWORD value dengan cara klik kanan lalu New lalu pilih Dword VALUE. Buatlah beberapa string baru (beserta nilainya) seperti berikut.
       - DefaultTTL = 80 hex (or 128 decimal)
       - EnablePMTUBHDetect = 0
       - EnablePMTUDiscovery = 1
       - GlobalMaxTcpWindowSize = 7FFF hex (or 32767 decimal)
       - TcpMaxDupAcks = 2
       - SackOpts = 1
       - Tcp1323Opts = 1
       - TcpWindowSize = 7FFF hex (or 32767 decimal)
  • Setelah selesai pengaturan diatas jangan lupa restart PC dulu.
  • Jika sobat sudah terkoneksi dengan internet, jangan lupa selalu jalankan ping, agar internetnya lebih stabil. Caranya masih di menu RUN, ketik ping www.google.com -t , nanti akan muncul jendela hitam, sobat minimize saja, disitu saya pilih google karena ringan, yang penting jangan sampai koneksi sobat idle.
  • Tidak usah banyak menggunakan add-ons di browser sobat
  • matikan fungsi auto update di browser sobat
  • Install DeepFreeze di PC sobat, freeze drive yang ada windownya aja.
  • Kalau dah pasang Deepfreeze, buang antivirusnya, lho kok gitu! trus gmana kalau ada virus. Kalau saya, antivirus pake yang lokal dan portable seperti SMADAV, trus jika saya habis download file, saya scannya di scanner online saja seperti www.virustotal.com. Sekilas ribet memang tapi pasti ada konsekuensinya yaitu browsing jadi cepet karena tidak ada fitur autoscannya anti virus, kalau ada site yang mengandung trojan dan segala macam kawan2nya gmana? Yah kembali lagi kan pake DeepFreeze, jadi tiap restart PC sobat maka akan clean kembali. Jadi SEBELUM INSTALL DEEPFREEZE PASTIKAN DRIVE ANDA SUDAH BERSIH DARI VIRUS, DAN JANGAN TERHUBUNG KE INTERNET DULU SEBELUM TERPASANG DEEPFREEZE
Mungkin itu sekedar tips-trik Mempercepat Koneksi Internet Terbaru, semoga bisa bermanfaat. salam blogger.

Post a Comment for "Tips Trik Mempercepat Koneksi Internet Terbaru"