Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat atau Membersihkan RAM Komputer

Salam sobat Blogger,
Di postingan ini saya akan sedikit menjelaskan tentang cara merawat RAM di komputer kita. Mungkin tips ini sudah biasa bagi sobat blogger, tapi tidak ada salahnya saya share disini, sapa tau masih ada yang belum tahu. Seperti kita tahu RAM di komputer merupakan salah satu spart part komputer yang sangat vital, yang berfungsi menyimpan memory sementara untuk menjalankan proses-proses yang ada di komputer. Jika RAM ini bermasalah maka proses-proses itu otomatis akan terganggu, berikut gejala-gejalanya.

  • Sering hang
  • Sering crash saat menjalankan program
  • Sering blue screen
  • Sering restart sendiri
  • Kadang-kadang gagal booting

Sebenarnya banyak sekali kemungkinan-kemungkinan yang bisa menyebabkan gejala-gejala diatas, salah satu nya adalah masalah RAM. Apakah RAMnya rusak? belum tentu sobat, siapa tahu pin RAMnya tidak terkoneksi secara baik dengan slot RAM di motherboardnya, mungkin pin RAMnya sudah kotor atau sudah tertutup korosi sehingga menghambat jalur koneksi dengan slotnya. Mungkin sobat blogger masih bingung pin RAM itu yang kek apa, silakan lihat gambar di bawah ini.

Cara merawat RAM

Lihat tanda panah merah. itulah pin RAM yang saya maksud. Jika sudah tertutup kotoran atau korosi maka yang harus sobat lakukan adalah membersihkannya. Gimana cara membersihkannya? cukup mudah, sobat tinggal menggunakan penghapus pensil saja, terus digosok-gosok di semua pin RAM-nya. Nanti jika sudah digosok-gosok akan kelihatan lebih kinclong warnanya hehe... Setelah itu silakan sobat tancapkan lagi RAMnya di komputer, semoga dengan cara ini komputer sobat lebih baik performanya.

Mungkin itu tips sederhana cara Cara Merawat atau Membersihkan RAM Komputer , semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Cara Merawat atau Membersihkan RAM Komputer "