Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Fan Casing di Komputer

Kali ini Kompi-ON akan membahas Cara Pasang Fan Casing di Komputer. Sekarang ini kebutuhan pemasangan fan di PC sudah menjadi sebuah kebutuhan bahkan kewajiban. Hal ini dikarenakan penggunaan komputer/PC dari zaman ke zaman semakin kompleks dan durasi penggunaannya pun semakin lama, bahkan komputer-komputer pribadipun kadang dihidupkan selama 24 jam terus non-stop. 

Kondisi tersebut tentunya akan berimbas pada perawatan komputer terutama komponen-komponen yg ada didalam CPU itu sendiri. Salah satunya adalah penambahan fan didalam casing untuk mengatur sirkulasi udaranya sehingga suhu didalam casing bisa terjaga.

Pemasangan fan di casing komputer itu jangan asal pasang, sekilas sepele ya, tapi itu ada aturannya. Kenapa? Karena kalau asal pasang aja, bukannya suhu terjaga malah sebaliknya, sirkulasi udara di casing malah tambah kacau yg pada akhirnya suhu akan tambah panas. Sebelum saya jelaskan posisi fan yg benar di casing, saya jelaskan dulu tentang desain dari fan itu sendiri yg terdiri dari tampak muka dan tampak belakang. Saya ambil contoh gambar fan casing 12 cm. Lihat penjelasan dibawah ya.

Tampak muka atau tampak depan
Saya sebut ini bagian arah muka, bagian muka ini ciri-cirinya bilah kipasnya tampak cembung. Ga tau bilah? bilah itu sirip baling-balingnya gan hehe, biasanya fan casing itu terdapat 7-8 bilah. Berikut ini gambar bagian muka.(klik gambarnya untuk memperbesar). 

fan casing tampak muka

Lihat tanda panah merah diatas, bilah terlihat tampak cembung kan, dari contoh gambar diatas itu berarti fan sedang dalam posisi tampak muka kipas. Kalau dalam kipas angin, tampak muka kipas ini justru yang ada dibagian belakang atau yang menghadap ke tembok.

Tampak Punggung
Saya sebut ini bagian arah belakang kipas atau punggung, bagian punggung ini ciri-cirinya bilah kipasnya tampak cekung dan ada satu ciri  lagi yaitu terlihat tampak tulang-tulangnya atau bisa juga disebut rangka kipasnya, biasanya ada 4 tulang. Ga tau tulang yg dimaksud? Lihat aja gambarnya dibawah ya gan hehe (klik gambarnya untuk memperbesar).

fan casing tampak belakang

Yang dimaksud tulang itu yg saya kasih tanda garis merah pada gambar diatas, disitu ada 4 tulang/rangka. Dari contoh gambar diatas itu berarti fan sedang dalam posisi tampak punggung kipas. Kalau dalam kipas angin di rumah kita, tampak punggung ini justru yang menghadap ke depan, alias yang nyembur angin ke badan kita. 

Tata Cara Pemasangan Fan Pada CPU

Sekarang saatnya kita mengaplikasikan fan tersebut untuk dipasang di casing komputer. Dalam aturan pemasangan fan di casing PC ada istilah intake dan exhaust (ada yg nyebut outtake). Mari kita samakan persepsinya dulu mengenai pengertian intake dan exhaust. Intake itu adalah memberi semburan angin ke dalam casing sedangkan exhaust adalah kebalikannya yaitu membuang angin dari dalam casing ke luar casing. Lho udah dikasih angin lewat intake kok dibuang lagi lewat exhaust? hehe maksudnya gini gan, intake itu si kipas ngambil udara dari luar casing lalu disemburkan ke dalam casing buat mendinginkan. Nah, didalam casing itu walaupun udah dikipasin pake intake tadi, tapi pasti ada hawa uap panas yg keluar entah dari processor atau komponen lainnya, dan inilah fungsinya exhaust, untuk membuang angin atau hawa panas itu ke luar casing

Pemasangan exhaust itu pun juga tidak sembarangan, ada aturannya, kita tahu bahwa hawa panas itu selalu bergerak ke arah atas, nah jadi pemasangan fan exhaust itu di bagian atas casing, bisa di atap casing atau bisa di bagian belakang atas casing. Sedangkan intake yg fungsingya menyuplai udara dingin dari luar casing biasanya dipasang dibagian depan bawah casing atau bisa juga di samping casing. Silakan lihat gambar. 

tata cara pemasangan fan casing

Dari gambar diatas sudah jelas kan :D. Agar sirkulasi dalam casing baik, gunakan prinsip keseimbangan antara intake dan exhaust. Jadi kalau intakenya pake 1 kipas , exhaustnya jg kalau bisa jg 1 kipas. Begitu jg kalau pake 2 kipas intake otomatis exhaustnya jg 2 kipas, seperti gambar diatas. Minimal kalau mau 1 pasang kipas , pasanglah di intake depan dan exhaust belakang, itu dah sistem minimal. :D

Mungkin ada yg nanya, kipas untuk intake dan exhaust apakah beda jenis? jawabannya sama aja gan, intake atau exhaust itu hanya istilah posisi fan-nya aja. Ini sepele tapi penting. Makanya dipostingan ini bagian awal (atas) saya jelaskan dulu desain dari fan itu sendiri, disitu ada istilah tampak muka dan tampak punggung, silakan cermati lagi. Kalau sudah dicermati, mari saya jelaskan posisi kipas yg benar untuk intake dan exhaust. Saya ambil contoh untuk intake depan casing dan exhaust belakang casing aja ya. Lihat gambar dibawah. Saya anggap kotak warna merah adalah fan dilihat dari samping.


contoh pemasangan fan casing

Dari gambar diatas posisi fan intake adalah yang letaknya didepan casing atau bisa kita sebut intake depan. Disitu sudah jelas kan tampak muka kipas (bilah yang cembung) harus menghadap keluar dan tampak punggung kipas (bilah yang cekung) menghadap ke dalam untuk nyemburin angin ke mainboard dan kawan-kawan-nya atau dengan kata lain, posisinya seperti kipas angin di rumah kita, yang nyembur anginnya itu yang tampak punggung kipas atau yang bilah-nya cekung. Kalau ga percaya, silakan anda menghadap kipas angin yang ada dirumah anda, yang ada dihadapan anda pasti adalah bilah cekung-nya yang nyemburin angin. Sebaliknya yang bilah cembung itu ada di belakang kipas menghadap tembok, itu posisinya untuk nyedot angin. 

Sekarang kita lanjut bahas bagian exhaust-nya. Untuk lebih jelasnya lagi silakan lihat foto pemasangan fan exhaust di bagian belakang casing CPU berikut ini.

cara pasang fan casing exhaust bagian belakang

Dari gambar terlihat kan, itu contoh exhaust bagian belakang casing, disitu terlihat tampak muka kipasnya (bilah cembung) menghadap ke dalam casing. Sebaliknya tampak punggung-nya menghadap ke belakang casing. Itu artinya kipas nyedot hawa panas dari dalam, lalu dibuang ke luar casing.

Untuk intake samping dan exhaust atap, prinsipsnya sama aja kok, jadi kalau intake itu tampak muka atau bilah cembungnya menghadap keluar casing, sebaliknya exhaust itu tampak muka atau bilah cembungnya menghadap ke dalam casing.

CATATAN. Postingan ini sudah saya update per tanggal 27 januari 2023 , pada intinya sama saja hanya  saya lakukan perbaikan dan penambahan redaksional sehingga lebih bisa dimengerti oleh para pembaca.  Kalau ada sobat blogger yang masih bingung atau masih ga sepemahaman dengan prinsip pemasangan fan diatas, saya bisa kasih sebuah testing atau pengecekan paling sederhana. Caranya sobat blogger coba lihat casing-casing PC yang dijual yang didalam-nya sudah include kipas intake ataupun exhaust, biasanya kipas sudah tertanam atau dipasang di casing dari pabrikannya. Sobat tinggal tiru aja model pemasangannya karena pabrik casing memasang kipas di casing tersebut bukan asal pasang, saya yakin model pemasangan kipas di casingnya sama dengan uraian-uraian yang saya jelaskan di postingan ini.

Demikian info mengenai Cara Pasang Fan Casing di Komputer yang saya berikan, semoga bermanfaat buat para sobat blogger.

29 comments for "Cara Pasang Fan Casing di Komputer"

  1. Mantap gan jadi paham sekarang thanks infonya

    ReplyDelete
  2. bukannya kebalik ya mas? berarti yang di dalam enggak ada anginnya dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga kebalik kok mas, itu dah sesuai baik dari referensi-referensi yg sudah dishare di berbagai forum/blog maupun percobaan saya sendiri ,hasilnya suhu sangat terjaga. Di dalam itu kan konsep seimbang, ada yg nyembur ke dalam sekaligus ada yg keluarin. jadi ga asal2an nyemburin angin ke dalam.

      Delete
  3. Setelah cari postingan dari beberapa alamat.
    cuma disini saya temukan penjelasan secara lengkap dan detail..
    terimakasih banyak..gan, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  4. Gan, kalo pemasangan 1 intake di samping dan 1 exhaust di belakang apa optimal?
    soalnya rata2 referensi intake kan selalu dari depan. di casingku bagian depannya ga disediain slot buat fan nih.

    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gpp gan, mau gimana lagi, yang penting intake ada , exhaust juga ada. :D

      Delete
  5. gan jadi intinya kalo yang keluarin angin sebenarnya dari tampak depan atau tampak belakang

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari postingan diatas sudah jelas kan, angin disedot dari tampak muka kemudian dialirkan atau dikeluarkan melalui tampak belakang.

      Delete
  6. Apa boleh kiri 2 inhaust & kanan 2 exhaust.
    Karena belakang nempel di tembok & atas menghindari rembesan air, jd belakang & atas tidak memungkinkan pasang kipas.

    Ada saran lain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisanya kanan kiri kek gitu ga masalah, yg penting posisi exhaust harus lebih tinggi daripada sistem intakenya

      Delete
  7. Gan kalo exhaust sama intake dibelakang dua duanya optimal ga gan ?

    ReplyDelete
  8. Gan kalo exhaust sama intake dibelakang dua duanya optimal ga ?

    ReplyDelete
  9. Bng itu kan klau ad letak posisi fan di samping, klau nga punya gimana , cuma ad 1 belakang 2 atas 1 depan , sekarang mau saya ubah intake dan exhaust nya , klau saya pasang di belakang exhaust ,2 atas exhaust, 1 depan intake dimana bng ?
    Kan jadinya yg intake cma 1 , atau ad solusi lain bng ?

    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  10. Makasih infonya gan, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  11. Pantas aja panas, ane kebalik pasang exhaust Haha... thanks gan!

    ReplyDelete
  12. Pantas aja panas, ane kebalik pasang exhaust Haha... thanks gan!

    ReplyDelete
  13. Gan, casing PC saya tidak tersedia intake depan dan samping. Hanya terdapat exhaust di belakang. Mohon pencerahannya. Thank's.

    ReplyDelete
  14. tanya gan ? fungsi kipas depan/cembung itu statusnya angin keluar cpu, atau angin masuk kedalam cpu ya gan ? saya masih bingung, please balas gan

    ReplyDelete
  15. Dirasa ini kebalik, gak berbeda kan prinsipnya dengan kipas angin

    ReplyDelete
  16. Gan klo anee masanh fan tapi pas dinyalain yang kluar dinginn gaan saya cuma pake satu fan yg diblakang itu kebalik ga yaa mohon penjelasann nya

    ReplyDelete
  17. Gan klo anee masanh fan tapi pas dinyalain yang kluar dinginn gaan saya cuma pake satu fan yg diblakang itu kebalik ga yaa mohon penjelasann nya

    ReplyDelete
  18. Gak terbalik gan? Ane ikutin prinsip baling² kipas angin,ko berbeda ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak mas, sama kek kipas angin kan, coba bagian depan kipas angin itu bilahnya cembung atau cekung? cekung kan. dilihat seksama ya.

      Delete
  19. idem ni. lagi penasaran cari info nemunya kaya gini smua sama. sumber dan penjelasannya sama. jadi bingung. kalo yg ane tau yg yg bilah kipasnya cembung itu nyembur angin sebaliknya yg cekung nyedot udara.
    sampe ane praktekin pake asep rokok mana yg kesedot mana yg ke sembur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kok kek kipas angin, coba bagian kipas angin yang nyembur atau bikin kita semriwing itu bagian yg bilahnya cekung kan (bagian depan kipas angin), klw yang bilah cembung kan bagian belakangnya kipas angin.

      Delete
  20. Tutorialnya mantap, sekarang bisa bikin Hardisk eksternal sendiri pakai hardisk bekas laptop yang ga kepake

    ReplyDelete

Jika ada pertanyaan atau komentar, silakan isi form dibawah ini.

PERHATIAN !! Isi komentar tidak mengandung SARA, PORNO, LINK AKTIF dan SPAM. Terima Kasih.