Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Reset Battery CMOS di Motherboard

Postingan kali ini akan membahas tentang cara atau langkah dalam melakukan reset baterai CMOS yang ada di motherboard atau mainboard. Mungkin sobat blogger bertanya, buat apa reset baterai CMOS motherboard itu? Kegunaan reset atau meng-clear baterai CMOS antara lain:

  • Komputer sobat ga mau booting, tampilan layar gelap ga mau masuk windows.
  • Sistem timer komputer sobat kacau, misal kejadian pengalaman saya sendiri, saat masuk komputer jam windowsnya misal menunjuk jam 7, lalu saya matikan komputer, 2 jam kemudian saya hidupkan komputer lagi, dan ternyata jam di windowsnya masih menunjukan jam 7, yang seharusnya sudah jam 9. 
Nah, jika sobat merasa menemui gejala-gejala diatas, mungkin disebabkan oleh masalah yang terbilang sepele yaitu clear atau reset baterai CMOS, maka segera lakukan clear baterai CMOS atau reset baterai CMOS. Buka casing komputer sobat, dan cari benda yang namanya baterai CMOS, bentuknya seperti gambar di bawah ini.

batterai cmos

Kalau di motherboard, salah satu contoh letaknya ditunjukkan di gambar berikut (lihat tanda anak panah).


cmos on mainboard

Lalu bagamaina caranya mereset baterai CMOS tersebut? ada 2 cara yaitu

  • Melepas langsung Battery CMOS. Cara ini merupakan cara yang paling gampang. Pastikan komputer dalam keadaan mati, lalu sobat tinggal lepas baterai CMOSnya dari wadahnya, bisa menggunakan pinset atau obeng minus kecil untuk mencukilnya. Setelah dilepas tunggu sekitar 10 menit, baru dipasang lagi.
  • Menggunakan jumper di dekat sekitar battery CMOS. Jumper CMOS letaknya masih di sekitar baterai CMOS. Lihat yang dilingkari merah di gambar berikut

jumper cmos

jumper cmos

Saya kasih 2 gambar diatas, itu hanya contoh saja ya. Di gambar pertama terlihat ada 3 pin untuk keperluan jumper, disitu jumper-nya men-short kaki tengah dan kiri. Untuk mereset batterai CMOS (tanpa melepas baterai-nya) caranya adalah matikan dulu komputer sobat lalu jumpernya dipindah sehingga jumper itu men-short atau menghubungkan kaki tengah dan sebelah kanan. Tunggu sampai 10 menit baru dipindah lagi di posisi semula yaitu men-short pin tengah dan pin kiri. Jika masih ga ngefek, coba hidupkan komputer sekitar 10 menit saat posisi jumper men-short pin tengah dan kanan, setelah 10 menit matikan lagi komputernya, lalu kembalikan posisi jumper men-short pin tengah dan kiri. Mungkin tiap motherboard beda-beda posisi awal jumper, jika posisi awal jumpernya menshort kaki tengah dan kanan, maka reset CMOS nya adalah menshort kaki tengan dan kiri, seperti itulah prinsipnya. Untuk gambar 2 prinsipnya sama saja, hanya disitu cuma ada 2 pin karena tiap motherboard memang beda-beda, ada yg 3 pin ada yg 2 pin. Untuk yg 2 pin seperti gambar 2 diatas, maka sobat harus sediakan jumper sendiri untuk menshort 2 pin tersebut selama 10 menit. Kalau tidak ada jumper bisa dengan obeng pipih atau pinset untuk sekedar menghubungkan 2 pin tersebut.

Sobat mungkin bertanya, kapan battery CMOS itu saatnya diganti? Baterai CMOS sebaiknya kita ganti jika sudah ada gejala-gejala seperti jam di windows berjalan melambat dari seharusnya walaupun sudah dicocok-kan berkali-kali, sama prinsipnya kek jam dinding kalau melambat biasanya yg diganti pasti batterai-nya. Sobat bisa beli baterai CMOS di toko komputer, toko elektronika, atau toko alat-alat tulis kantor biasanya juga ada, sobat tinggal bawa saja contohnya ke toko tsb.

Mungkin itu tutorial tentang Cara Reset Battery CMOS  di Motherboard , semoga berguna. 

5 comments for "Cara Reset Battery CMOS di Motherboard"

  1. Kalau cmos nya langsung disolder di motherboard gmna cara reset ny, saya punya acer 5741g, itu gk ada pin jumper nya, tolong kasi tau letak nya! Terima kasih

    ReplyDelete
  2. oh jadi gitu caranyaa, makasih gan
    www.rajalistrik.com

    ReplyDelete

Jika ada pertanyaan atau komentar, silakan isi form dibawah ini.

PERHATIAN !! Isi komentar tidak mengandung SARA, PORNO, LINK AKTIF dan SPAM. Terima Kasih.