Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian VGA Card dan Klasifikasinya

vga

Kompi-ON kali ini akan membahas tentang VGA dan klasifikasinya. VGA atau Video Graphic Array merupakan salah satu komponen perangkat keras dalam sistem komputer yg akan melakukan proses rendering atau pemrosesan output berupa visual yang akan ditampilkan di monitor. Jadi dengan adanya VGA ini, komputer bisa menampilkan gambar di layar komputer. Kadang orang nyebut VGA Card, disini card artinya seperti "kartu" yang nantinya ditancapkan di slot motherboard. Sobat jangan juga menerjemahkan kata kartu secara mentah-mentah ya, jadi bukan seperti kartu domino atau kartu remi ya hehe..., kartu disini lebih ke bentuk kit elektronik atau papan elektronik. Contoh VGA Card bisa dilihat di gambar diatas. Sekarang Kompi-ON akan membahas klasifikasi VGA. Pada dasarnya klasifikasi VGA cuma ada 2 yaitu VGA onboard dan VGA offboard.

VGA onboard

VGA on-board ini adalah VGA yg sudah tertanam atau terpasang jadi satu dengan motherboard. Jadi jika ada motherboard yang punya fitur VGA on-board itu artinya tanpa membeli VGA card, sobat sudah bisa menghubungkan motherboard itu langsung ke monitor. Berikut salah satu contoh motherboard yg dilengkapi VGA onboard. Di bagian panel-panel portnya ada sebuah port yg disebut port VGA yg nantinya langsung disambungkan ke monitor, lihat yg diberi tanda panah merah pada gambar di bawah.


vga on-board

Jika sobat menggunakan VGA on-board ini, otomatis akan memangkas jumlah memory yg terpasang di komputer sobat. Misal sobat pake memory 2 GB, kemudian sobat memakai VGA onboard dengan memory 512 MB, maka memory komputer yg sobat pakai sebenernya adalah 1,5 GB karena sudah dikurangi untuk kebutuhan VGA. Kelebihan menggunakan VGA onboard tentunya menghemat anggaran, karena agan cukup beli motherboard yg ada fitur VGA onboardnya sehingga tidak perlu membeli VGA card. Kekurangannya adalah tidak bisa memakai memory sendiri, karena memory-nya ngambil dari memory dalam komputer kita sehingga jika kita memakai memory yg tidak terlalu besar agak sulit juga agar VGA onboard-nya bisa berjalan optimal. Selain itu kualitas gambar VGA onboard juga biasanya ga sebagus VGA offboard.

VGA offboard

VGA offboard atau VGA card add-on ini adalah kebalikan dari VGA onboard. Jadi VGA ini terpisah dari motherboard. VGA ini kita beli karena di motherboard biasanya tidak ada fitur VGA onboard atau bisa juga sebenarnya di motherboard ada fitur VGA onboard cuma kita ingin yg lebih bagus kualitasnya jadi tetep beli VGA offboard. VGA offboard biasanya kualitasnya lebih bagus dari VGA onboard. Kekurangganya agak boros di kantong karena harga VGA-nya tentunya lebih mahal dan butuh power supply dengan daya yg lebih besar. Berikut gambar contoh VGA yg offboard.

vga card

VGA card jenis ini nantinya menancap di motherboard melalui sebuah slot. Teknologi slot biasanya diikuti oleh VGA card itu sendiri sehingga berdasarkan jenis slotnya ada beberapa jenis VGA card ini antara lain VGA PCI (menggunakan slot PCI), VGA AGP (menggunakan slot AGP), dan VGA PCI Express (menggunakan slot pci express). Perbedaan ketiga jenis VGA Card tersebut akan dijelaskan di postingan lain di blog ini. 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai Pengertian VGA Card dan Klasifikasinya, semoga berguna.



Post a Comment for "Pengertian VGA Card dan Klasifikasinya"