Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih dan Membeli Hard Disk Komputer

Kompi-ON kali ini akan membahas bagaimana kiat-kiat atau tips memilih dan membeli hard disk komputer yang baik dan benar. Tips ini berguna bagi sobat blogger yang berencana mau membeli hard disk baru untuk komputer terutama komputer desktop. Kita sudah tahu bahwa hard disk merupakan salah satu spart part atau bagian komputer yang bisa dikategorikan vital, karena hard disk ini berguna untuk menyimpan semua data yang kita miliki di komputer. Terbayang bagaimana jika terjadi kerusakan secara tiba-tiba sama hard disk kita, sedangkan kita belum sempat backupnya, pasti stress sampe botak kan hehe...OK sobat disini saya hanya membahas bagaimana cara memilih hard disk baru sebelum kita membelinya. Ingat ya sobat, usahakan belilah hard disk baru, jangan barang bekas atau second, ini barang vital soalnya. Memang sih, barang baru sekalipun kadang juga ada yg cacat, tapi logikanya beli barang baru aja ada kemungkinan cacatnya apalagi beli barang barang bekas.hehe..
Baik sobat, langsung saja berikut tips memilih dan membeli hard disk. 

Pastikan hard disk 100% baru, bukan refurbished, atau re-certified. Ini adalah hal yang penting sekali karena ga semua pembeli tahu akan kondisi hard disk yang dijual di pasaran, kecuali mereka yang sering bergelut di dunia komputer akan memahami betul istilah-istilah diatas. Refurbished atau recertified adalah hard disk baru yang sedikit mengalami kerusakan kemudian dikembalikan lagi ke pabriknya untuk diperbaiki lalu setelah diperbaiki dilempar lagi ke pasaran dengan harga sedikit lebih murah. Sobat bisa pake logika sendiri kualitas barang seperti itu, pasti kualitasnya sedikit dibawah barang yang memang benar-benar 100% baru alias resmi. Ciri-ciri fisik hard disk refurbished adalah seperti gambar-gambar contoh di bawah ini.


tips memilih harddisk

Di gambar diatas saya ambil contoh merk seagate. Ciri hardisk refurbished dari seagate adalah lihat tanda panah merah, disitu kertas labelnya dikelilingi garis tepi atau border warna hijau kebiru-biruan. Di dalam label tsb juga tertulis Certified Repaired HDD. Jika hard disk 100% baru pasti tidak ada garis tepinya dan tidak ada tulisan Certified Repaired HDD. Itu baru merk seagate ya, kalau merk Western Digital biasanya di body sampingnya ada tulisan re-certified . Untuk merk-merk lain saya kira ga jauh beda ciri-cirinya, pasti ada keterangan yang menandakan kalau harddisk itu refurbished atau recertified. Jadi hindari beli hard disk yang seperti itu ya, walaupun dengan harga yang sedikit miring.
Sesuaikan bugdet. Tips kedua adalah budget sobat. Kalau sobat punya 500rb ya berarti belilah harddisk yang harganya kisaran segitu, jangan maksa beli diluar budget apalagi sampai ngutang tetangga buat beli hard disk hihihi...

Pilih hard disk internal atau eksternal. Sobat tinggal pilih aja, kalau internal berarti hard disk yang dipasang di dalam CPU sobat, sebaliknya hard disk eksternal dipasang di luar CPU biasanya koneksinya menggunakan USB. Harddisk eksternal biasanya lebih mahal tapi keuntungannya lebih praktis. Sedangkan harddisk internal keunggulannya transfer rate-nya lebih cepat karena koneksinya menggunakan SATA. Silakan pilih sesuai kebutuhan sobat.

Pilih kapasitas hard disk. Tips keempat adalah soal kapasitas harddisk. Tentunya semakin besar kapasitasnya semakin mahal pula harganya. Sekarang ini ukuran harddisk sudah sampai TB atau tera byte. Silakan sobat sesuaikan sendiri dengan kebutuhan.

Pilih konektivitas hard disk. Konektivitas disini biasanya menggunakan SATA atau USB. Kalau USB biasanya untuk harddisk eksternal, pilihlah versi yang terakhir, yaitu USB versi 3. Kalau SATA digunakan untuk hardisk internal, pilihlah hard disk internal yang support SATA 3 karena kecepatan transfer datanya 600 Mbps. Rata-rata di pasaran sekarang sih harddisk yang dijual sudah SATA 3 semua, walaupun ada yang masih menggunakan SATA 2. 

Pilih merk ternama. Pilihlah pemain lama yang memang sudah ahli dalam bidang hard disk ini. Saya rekomendasikan beberapa merk, untuk harddisk internal pilihlah seagate atau western digital, sedangkan untuk harddisk eksternal juga ada seagate, western digital, atau merk transcend
Garansi. Ini tips terakhir dalam memilih harddisk, yaitu garansi resmi. Ini wajib ada, jadi kalau sewaktu-waktu rusak dan masih dalam garansi, sobat tinggal tukar saja. Jadi sebelum membeli tanyakan dulu garansinya sama pemilik tokonya, berapa tahun garansinya, semakin lama tentunya semakin bagus.

Mungkin itu saja uraian dari saya mengenai Tips Memilih dan Membeli Hard Disk Komputer, semoga bermanfaat buat sobat blogger.


3 comments for "Tips Memilih dan Membeli Hard Disk Komputer"

Jika ada pertanyaan atau komentar, silakan isi form dibawah ini.

PERHATIAN !! Isi komentar tidak mengandung SARA, PORNO, LINK AKTIF dan SPAM. Terima Kasih.