Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Motherboard Yang Baik dan Berkualitas

Kompi-ON kali ini akan membahas bagaimana tips memilih motherboard yang baik dan berkualitas. Motherboard atau bisa disebut juga mainboard bisa dikatakan pondasi dari sistem komputer (PC) itu sendiri, karena semua peripheral atau komponen-komponen PC akan ditancapkan di motherboard ini makanya bisa dibilang motherboard ini induk dari semua komponen PC lainnya. Jadi jika agan mau merakit PC maka motherboard ini salah satu part yang paling vital sekali, tidak boleh sembarangan dalam memilih. Semakin baik kualitas motherboard maka performa dari komputernya pun akan semakin baik dan tentunya umur pemakaiannya lebih panjang daripada motherboard dengan kualitas abal-abal.

Sebelum menjelaskan bagaimana tips memilih motherboard, silakan sobat simak bagian-bagian dasar dari motherboard itu sendiri lihat gambar dibawah, saya ambil sample 2 gambar. 


bagian motherboard


bagian motherboard

Tips Memilih Motherboard

Berikut tips-tips memilih motherboard yang baik, sesuai kebutuhan, dan berkualitas.

  • Pilihlah ukuran motherboad form ATX, karena ukuran ATX termasuk ukuran standar yang paling banyak di pasaran, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Jumlah slot-slot di ukuran ATX juga sudah lumayan memadai untuk dipasang bebepara komponen tambahan nantinya.
  • Pilihlah motherboard sesuai processor yang agan inginkan. Ada 2 hal yg harus diperhatikan, yaitu merk processor dan soket processor. Untuk merk processor biasanya cuma ada 2 vendor terkenal yaitu AMD dan INTEL. Jika processor yg mau agan pakai adalah produk INTEL maka carilah motherboard yg supportnya untuk INTEL, begitu juga untuk yang AMD carilah motherboard yg support AMD. Kemudian soket processor itu sendiri juga penting, karena tiap vendor sudah banyak memproduksi berbagai generasi processor. Misal seperti INTEL, jika processor yg mau agan pakai adalah intel core i5 LGA 1155, maka carilah motherboard yg memang support dengan soket LGA 1155. Lihat di kedua gambar sebelumnya diatas, soket processor letaknya di bagian keterangan CPU.
  • Pastikan agan memilih motherboard dengan chipset yg sesuai dengan kebutuhan agan. Di gambar pertama diatas ditunjukan dengan keterangan NORTHBRIDGE , sedang di gambar 2 (bawahnya) ditunjukan dengan keterangan CHIPSET. Chipset di motherboard ini secara garis besar berfungsi mengontrol dan melakukan komunikasi antar komponen/hardware dalam motherboard. Dari chipset ini juga bisa diketahui fitur-fitur yg terbenam didalamnya, misal ada chipset yg didalamnya sudah terbenam VGA Card sering disebut VGA onboard tapi ada juga chipset yang tanpa fitur VGA, kemudian dari chipset ini juga bisa diketahui jumlah maksimal RAM yg bisa ditancap di motherboard. Selain itu dari chipset ini juga bisa diketahui informasi tentang spesifikasi motherboard apakah untuk penggunaan sehari-hari atau untuk gamer. Jika agan masih bingung, agan cukup kunjungi website resmi dari vendor motherboard yg agan cari, nanti disitu pasti banyak seri-seri motherboard yg diproduksi vendor tsb, masing-masing seri pasti chipsetnya berbeda dan fitur-fiturnya tentunya berbeda, agan tinggal baca dan pilih sesuai kebutuhan aja.
  • Pastikan motherboard mendukung jumlah atau kapasitas memory yg agan inginkan, misal agan pengin memasang memori 4 GB, maka cari motherboard yg bisa dipasang memory sampai 4 GB, atau lebih. Misal sekarang agan mau pasang yg 4 GB dulu tapi suatu saat mungkin ada rencana agan pengin pasang sampai 8 GB, berarti mulai sekarang belilah motherboard yg mendukung sampai memory 8 GB.  
  • Pilihlah motherboard dengan komponen berkualitas tinggi, salah satunya bisa dilihat dari komponen kapasitor yg digunakan. Contoh silakan agan lihat gambar diatas sebelumnya. Gambar yg kedua (yg bawah) sudah menggunakan kapasitor jenis SOLID CAP bentuknya yg seperti tabung kecil dan berbahan alumunium. Itu adalah salah satu motherboard yg sudah menggunakan komponen berkualitas. Bandingkan dengan gambar pertama yg diatasnya, disitu masih menggunakan capasitor ELCO, sama bentuknya seperti tabung cuma lebih panjang dan berbahan plastik biasa. Jadi solid cap jauh lebih awet dan berkualitas daripada yg masih menggunakan elco.
  • Pilihlah motherboard yg dibuat oleh pabrikan atau merk terkemuka. Pengalaman penulis ada 3 merk ternama yg banyak dijumpai di pasaran Indonesia yaitu GIGABYTE, ASUS, dan MSi. 3 merk itu menurut saya sudah kategori kualitas premium, lihat saja kualitas komponen dan tata letak komponen dari produk-produk motherboard yg dihasilkan pabrikan-pabrikan tersebut. Harganya memang lebih mahal, tapi percayalah jaminan kualitas dan after sale-nya akan berbeda dengan pabrikan-pabrikan lain.
Mungkin itu saja dulu pembahasan mengenai Tips Memilih Motherboard Yang Baik dan Berkualitas, semoga bisa dijadikan referensi sebelum agan membeli sebuah motherboard. 

Post a Comment for "Tips Memilih Motherboard Yang Baik dan Berkualitas"