Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkembangan Monitor Komputer

Kompi-ON kembali membahas tentang hardware komputer, kali ini akan membahas tentang perkembangan monitor komputer dari masa ke masa. Tidak perlu dijelaskan panjang lebar apa itu monitor komputer, sobat blogger pastinya sudah tahu monitor komputer itu adalah komponen komputer yang berfungsi menampilkan gambar hasil keluaran dari VGA card, tapi tahukah sobat perkembangan monitor dari masa ke masa itu ternyata sudah sedemikian maju, baik dari kualitasnya, umurnya, maupun dari ketebalannya yang semakin kesini semakin tipis.

Jenis-Jenis Monitor Komputer

Berikut jenis-jenis monitor sesuai perkembangannya.

Monitor Tabung (CRT)
Monitor CRT atau dikenal dengan monitor tabung adalah monitor yang menggunakan tabung sinar katoda, dibuat dengan tabung hampa dibagian layarnya. 

monitor CRT

Monitor CRT pada dasarnya bentuknya sama dengan televisi tabung. Cara kerja monitor CRT ini yaitu dengan memancarkan sinar elektron ke sebuah titik-titik kecil di layarnya. Sinar tersebut akan menampilkan sisi terang jika diperkuat, sedangkan jika diperlemah akan menampilkan sisi yang gelap. Sampai sekarang monitor jenis ini masih dijual dipasaran walaupun jumlahnya mulai berkurang. Banyak yang masih mencari monitor CRT ini karena harganya sudah murah. Kekurangannya ukurannya besar sehingga memakan tempat atau ruang yg lebar, dan juga memiliki radiasi yg besar terhadap user.

Monitor LCD
Monitor LCD (Liquid Crystal Display) ini menggunakan media cairan kristal, cara kerjanya adalah dengan memancarkan sinar melalui kristal cair, kemudian dipancarkan dan dikendalikan secara elektrik sehingga akan terbentuk panel-panel kecil yang datar. 

 monitor LCD

Monitor LCD ini dari bentuknya menggunakan flat display atau layar datar sehingga lebih ramping dan tipis dibandingkan monitor CRT. Selain itu kemampuan menampilkan resolusi layarnya juga lebih tinggi daripada monitor CRT. Radiasi dari monitor LCD juga lebih kecil daripada CRT. Kekurangannya sudut pandangnya terbatas, jadi posisi user yg paling bagus adalah sejajar tepat didepan monitornya.

Monitor Plasma
Monitor plasma merupakan gabungan teknologi gabungan antara monitor CRT dan monitor LCD. Bentuknya hampir sama dengan LCD tapi biasanya ukurannya lebih lebar.

monitor plasma

Monitor plasma ini menggunaka gas neon yang diletakkan diantara 2 lapisan plat kaca. Saat lapisan gas dialiri listrik akan memberikan reaksi berupa munculnya pixel-pixel. Kelebihannya mampu berpendar tanpa cahaya dari belakang layar sehingga lebih hemat energi dari CRT dan kontras cahayanya lebih baik dari LCD. Sudut pandangnya pun luas seperti CRT.

Monitor LED
Monitor LED bentuknya hampir sama kek LCD tapi lebih ramping. Tampilan pada layarnya menggunakan emisi cahaya. Pada dasarnya monitor LED adalah monitor LCD dengan tambahan teknologi LED (Light Emitting Diodes) backlight. 

Monitor LED

Penggunaan LED lebih hemat energi dan lebih efisien, sehingga umurnya pun lebih panjang. Kualitas gambar lebih baik dari LCD, dilihat dari sudut manapun gambar tidak berubah/redup.

Monitor OLED
Monitor OLED menggunakan Organic Light Emitting Diodes, lebih bagus dari LED, tidak membutuhkan backlight untuk menghidupkan layar karena LED punya cahaya sendiri, sehingga energinya pun lebih hemat, dan bentuknya lebih tipis lagi dari LED. Kekuranganya harganya lebih mahal.

monitor oled

Mungkin itu saja penjelasan mengenai Perkembangan Monitor Komputer dari masa ke masa, semoga bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan.


Post a Comment for "Perkembangan Monitor Komputer"