Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Modem USB

Salam blogger, kali ini Kompi-ON akan mengulas tentang tips-tips memilih modem USB. Saya yakin kebanyakan disini sobat blogger menggunakan modem usb untuk keperluan berselancar di dunia maya alias internet. Di pasaran banyak merk-merk Modem USB yang cukup dikenal masyarakat, sebut saja huawei, sierra, zte, dan masih banyak lainnya, tapi biasanya yang terkenal di pasaran adalah 3 nama merk yang saya sebut tadi. Tiap merk pun pastinya mengeluarkan banyak seri dan tiap seri tsb memilik spesifikasi yang berbeda-beda pula. Maka dari itu perlu saya share tips-tips memilih modem USB sebelum sobat membeli. Berikut tips-tips memilih modem sebelum membeli :


tips memilih modem

  • Pilihlah modem sesuai operator yang sobat pakai, apakah modem GSM atau modem CDMA. Saya sarankan sebelum beli modem sobat survey dulu jaringan sinyal di tempas sobat, operator mana yang bagus. Pengalaman saya dulu, saya survey sinyal semua operator, jadi saya coba satu-satu kartu perdana semua operator, lalu saya pasang di HP, saya cek sinyalnya apakah stabil, kuat, serta apakah sudah menangkap sinyal 3G. 
  • Pilihlah merk modem yang sudah terkenal, jangan merk yang abal-abal. Memang membeli barang elektronik itu untung-untungan juga, tapi setidaknya dari awal kita meminimalisir tingkat kerugian. Karena merk-merk terkenal setidaknya sudah banyak mengeluarkan banyak produksi modemnya. Sebut saja huawei, zte, atau sierra. Silakan saja pilih dari ketiga merk itu saja. Kalau saya pribadi lebih menyarankan merk huawei.
  • Seperti penjelasan sebelumnya di atas, setiap merk modem pasti mengeluarkan berbagai seri, pastikan sobat tahu betul spesifikasi seri yang mau dicari atau dibeli, misal dari segi kuat sinyal, tipe sinyal yang disupport apakah 2G ,3G, 3.5G, atau 4G. Juga yang tak kalah pentingnya yaitu batas maksimal kecepatannya, misal sobat blogger berlangganan paket internet dengan kecepatan 7,2 Mbps, tapi modem sobat cuma support sampai 3.6 Mbps, maka kecepatan internet sobat tetap mengikuti kecepatan maksimal modem tsb yaitu maksimal hanya 3.6 Mbps. Saya disini akan lampirkan data-data spesifikasi berbagai seri modem dari berbagai merk. Tapi disini hanya modem GSM saja. Tabel ini disusun oleh agan bayspeed dkk dari forum mobile broadband kaskus, terima kasih buat agan bayspeed dkk atas sharingnya. Berikut tabel spesifikasi berbagai seri modem GSM, untuk memperbesar tinggal sobat klik saja gambarnya.


data spesifikasi modem

  • Dilihat dari tabel tersebut, ada beberapa kelas modem berdasarkan kecepatannya yaitu 3.6 Mbps, 7.2 Mbps, 14.4 Mbps, 21.6 Mbps, 28.8 Mbps, dan 42.2 Mbps. Logikanya semakin besar kecepatannya semakin bisa buat kebutuhan di masa depan, misal operator sekarang ini rata-rata 7.2 Mbps, ga ada salahnya sobat beli modem yang lebih besar support kecepatannya misal modem yang 28.8 Mbps, toh di masa depan kecepatan internet operator seluler pasti akan bertambah terus.
  • Di tabel tersebut juga ada parameter kuat sinyalnya disimbolkan dengan tanda centang, semakin banyak tanda centang maka semakin kuat daya tangkap sinyalnya, pilihlah modem yang daya tangkapnya kuat sesuai yang ada di tabel diatas.
  • Tips berikutnya adalah pilihlah modem dengan fasilitas konektor untuk antena external, jadi suatu saat sobat mau menggunakan antena luar, tidak perlu pusing nyolokinnya ke modem.
  • Kemudian dalam memilih modem sebaiknya pilih yang sudah support Micro SD card, jadi bisa difungsikan sekaligus sebagai penyimpan data layaknya flash disk.  
Mungkin itu sekedar sharing dari saya tentang Tips Memilih Modem USB semoga bermanfaat bagi sobat yang mau membeli modem. Salam Blogger. 

Post a Comment for "Tips Memilih Modem USB "