Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Insinyur MIT Garap Prosesor 36 Core

prosesor 36 core

Jakarta - Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang dikenal sebagai tempat lahirnya berbagai teknologi canggih kembali menelurkan kreasinya. Kali ini para insinyur di dalamnya disebut tengah mengembangkan prosesor dengan puluhan core dalam satu chip.


Tak tanggung-tanggung, kabarnya jumlah core yang dibenamkan bakal mencapai 36 core. Selain itu prosesor ini juga akan menggunakan teknologi interkoneksi terbaru yang disebut ‘nework-on-a-chip’ yang memungkinkan komunikasi antar core lebih cepat.

Seperti dilansir Ubergizmo, Selasa (24/6/2014), Teknologi ‘network-on-a-chip’ ini juga diklaim lebih cepat bila dibandingkan dengan bus layout tradisional yang digunakan banyak oleh prosesor saat ini.

Karena tak seperti bus layout tradisional yang masih mengandalkan satu jalur untuk komunikasi antar core yang dianggap dapat berujung pada penumpukan perintah, pada ‘network-on-a-chip’ setiap core didesain dengan tata letak grid sehingga komunikasi diklaim lebih cepat karena letak core yang saling bersebelahan dan terhubung langsung dengan jalurnya sendiri-sendiri.

Layout ‘network-on-a-chip’ juga meminimalkan potensi penumpukan perintah atau yang sering disebut bottleneck karena tiap-tiap core memiliki banyak pilihan jalur data. Dengan begitu kinerja seluruh core diyakini juga semakin efisien.

sumber : detik.com 

Post a Comment for "Insinyur MIT Garap Prosesor 36 Core"