Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Power Supply dan Jenis-Jenisnya

power supply dan jenisnya

Postingan kompi-ON kali ini akan membahas tentang power supply dan jenis-jenisnya. Power Supply adalah salah satu bagian dari komputer berupa perangkat elektronik, biasanya melekat didalam casing komputer, yg berfungsi mengubah arus AC dari jala-jala listrik PLN ke arus DC yg nantinya untuk memberikan daya ke komponen-komponen dalam komputer misal harddisk, motherboard, VGA, fan, processor dan komponen-komponen lainnya. Dulu, power supply dibedakan menjadi 2 macam yaitu model AT dan ATX. Model AT ini merupakan model power supply di zaman pentium 2 atau pentium 3. Ciri khas komputer yg menggunakan power supply yaitu jika kita shutdown lewat windows maka CPU tidak akan langsung mati, harus pencet tombol power untuk mematikan total komputernya. Berbeda dengan ATX, saat kita shutdown lewat windows atau OS-nya, maka komputer otomatis langsung mati. Sekarang ini sepertinya semua power supply sudah menggunakan model ATX, jadi disini penulis tidak akan membahas lebih lanjut perbedaan power supply AT dan ATX.

Jenis-Jenis Power Supply

Untuk saat ini, penulis akan membahas macam-macam power supply berdasarkan management pemasangan kabelnya.Dibagi 2, yaitu power supply non-modular dan power supply modular. Secara populasi, power supply non-modular lebih banyak di jual di pasaran karena memang segmen-nya untuk kalangan kantong pas-pas-an. Yang membedakan adalah management pemasangan kabelnya. Untuk lebih jelaskan lihat gambar perbedaannya berikut.

psu non-modular

Gambar diatas contoh power supply non-modular. Terlihat kabel dijadikan satu bundle dan keluar dari 1 lubang serta ga bisa dilepas pasang, jadi jika ada kabel yg tidak digunakan maka kabel itu tetap menjuntai, dari kerapian agak menganggu dan tentunya juga mempengaruhi sirkulasi udara di casing.

psu modular

psu modular

Sedangkan 2 gambar diatas adalah contoh power supply modular, tiap kabel bisa dilepas pasang sesuai kebutuhan. Dengan demikian, managament kabel akan lebih mudah, otomatis kualitas sirkulasi di casing komputer juga ikut terbantu. Kekuranganya dari segi harga, pasti lebih mahal ketimbang yang non-modular.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai Power Supply dan Jenis-Jenisnya, pembahasan lebih lanjut lagi tentang power supply bisa dilihat di artikel lainnya yg terkait.

Post a Comment for "Power Supply dan Jenis-Jenisnya"