Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kiat agar Komputer Kita Sehat dan Tahan Lama

Kiat agar Komputer Kita Sehat dan Tahan Lama - Ada saatnya dalam kehidupan seseorang di mana tidak peduli berapa banyak waktu yang dikorbankan dan akhirnya performa tubuhnya pun lambat laun akan mengalami penurunan. Namun, dalam rangka untuk memperpanjang daya tahan tubuh tersebut maka yang kita lakukas salah satunya adalah pola makan dengan benar, berolahraga, dan menjaga pandangan positif atau bahasa gaulnya positif thinking hehe...

Sekarang sobat mungkin bertanya apa yang harus dilakukan agar komputer kita juga bisa lebih sehat dan tahan lama seperti halnya menjaga tubuh kita? 
Nah, caranya sama dengan cara kita menjaga tubuh kita . Jika sobat lalai untuk mengurus diri sendiri maka lambat laut fungsi ketahanan tubuh sobat akan berhenti sendirinya dan melakukan segala pekerjaannya pun butuh waktu lama ketimbang waktu masih segar bugar.

Disini saya tidak membahas panjag lebar soal perawatan tubuh kita karena saya bukan ahlinya, hehe. Namun disini saya akan sedikit sharing tentang tips menjaga komputer agar lebih sehat dan daya tahannya lebih maksimal. Beberapa langkah penting untuk diikuti adalah sebagai berikut.
Pastikan bahwa komputer sobat terletak di area yang berventilasi baik dan bahwa semua ventilasi udara tidak terhalang untuk mencegah overheating dan kegagalan prematur untuk setiap komponen internal .
Membersihkan debu diluar maupun dalam CPU, setidaknya setiap 6 bulan mulai dari bagian - bagian seperti lubang ventilasi casing CPU , ventilasi power supply , dan semua spart part yang terlihat. Sobat bisa membersihkan dengan kuas halus atau bisa juga dengan kompresi udara yang dapat dibeli dari toko komputer besar atau outlet elektronik. Ini akan membantu mengurangi kemungkinan overheating dan kerusakan sirkuit. 

Sebelum membersihkan hanya pastikan untuk lepaskan selalu komputer dari stopkontak dan tidak pernah secara fisik menghubungi sirkuit dalam kasus komputer untuk mencegah kerusakan .Bersiaplah untuk kegagalan tak terduga dengan selalu membuat backup data penting bahwa Anda tidak dan tidak mampu kehilangan. Saya pribadi menyimpan backup terbaru dari website saya dan bahkan menyimpan disk di lokasi yang jauh dari penggunaan sehari-hari komputer saya hanya dalam kasus bencana yang terjadi dan komputer utama saya hancur sehingga kebutuhan untuk file yang hilang .

Selalu untuk menginstal sebuah program anti-virus yang sudah recommended yang dapat secara teratur diupdate database virus-nya dan jalankan antivirus tsb saat boot-up untuk membantu melindungi komputer Anda dari menjadi korban dari hal-hal yang tidak diinginkan .

Setiap beberapa bulan atau lebih menjalankan program " Scandisk " komputer Sobat juga bisa menambahkan dengan dengan menjalanka program " Defragmenter" untuk memaksimalkan efisiensi hard drive Anda. Jika sobat tidak tahu tentang bagaimana menggunakan fasilitas seperti scandisk atau defragmenter ini sobat bisa gunakan fasilitas search yang ada saat sobat klik windows start menu yang ada dipojok kiri bawah. Nanti di kotak search itu tinggal masukkan kata kunci seperti scandisk atau defragmenter. Jalankan tools " Disk Cleanup " di komputer sobat setiap minggu atau lebih . Tools scandisk ini secara otomatis akan mengosongkan sampah-sampah file dan memulihkan ruang disk terbuang dengan menghapus file-file sementara internet yang biasanya selalu menumpuk .
Jangan merokok di dekat komputer karena fan pendingin casing akan menarik asap ke dalam,  kasus di mana ia dapat melapisi bagian dalam bagian-bagian komputer atau spart part komputer dengan residu yang pada gilirannya dapat merusak komponen sensitif .

Tempatkan casing komputer di daerah dimana kita masih bisa ngatur jalur-jalur pengkabelan yg berada dibelakang casing, jadi jangan naruh casing yang kiranya susah jika kita mau cabut pasang kabel-kabel di belakangnya.

Berinvestasi dengan membeli surge protector berkualitas tinggi untuk menyediakan komputer dan monitor terhadap lonjakan tegangan atau " gelombang " yang secara dramatis dapat memperpendek umur dari sistem sobat. Sama seperti sebagian besar tagline di toko , " Anda mendapatkan apa yang Anda bayar ". Jadi jangan berhemat pada perangkat yang kita anggap penting ini!

Bukan ide yang buruk juga untuk berinvestasi dalam pelindung lonjakan arus yang mencakup apa yang disebut " data Jalur Protector " yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan saluran telepon Anda ke layanan dengan tujuan yang sama untuk jalur telepon ke modem Anda seperti pelindung gelombang untuk jalur arus listrik rumah tangga . Akhirnya, jika sobat berencana untuk berada jauh dari rumah selama lebih dari beberapa hari pada satu waktu maka disarankan untuk selalu cabut semua kabel listrik dan saluran telepon modem dari sistem sobat.

Jika sobat mengikuti langkah-langkah sederhana diatas hasilnya adalah sebuah komputer yang sehat minimal bisa digunakan lebih lama, yang akan menemani sobat dan memperlakukan sobat dengan baik pula ga pernah rewel-rewel yang akhirnya juga membuat sobat bahagia dalam mencurahkan banyak waktu bekerja maupun pada usaha internet-nya.

Salam Blogger.

Post a Comment for "Kiat agar Komputer Kita Sehat dan Tahan Lama"